Ciri Guru yang Bekerja secara Profesional


Perbaikan kesejahteraan guru terus menuai pro dan kontra. Naiknya gaji guru dan diberikannya tunjungan profesi menuntut guru untuk meningkatkan kualitas siswa dan lulusan sekolah. Oleh karena itu, seorang guru sudah selayaknya bersikap profesional dalam menjalankan tugasnya. Lalu bagaimanakah guru yang profesional itu? Berikut adalah beberapa diantara ciri guru profesional itu

Bekerja tidak sekadar menggugurkan kewajiban

Bekerja memang memerlukan rasa tanggung jawab. Tidak terkecuali pekerjaan sebagai guru. Jika di ruang kelas tidak ada pengawasan, maka sang guru dapat bebas mengajar dengan caranya. Guru yang bekerja dengan sekadar menggurkan kewajiban biasanya hanya duduk, memberikan tugas, bermain Handphone, datang terlambat, tidak datang tanpa kabar, tidak ikut rapat, dan juga tidak ikut upacara.


Mampu mendidik karakter siswa

Di era pendidikan modern saat ini, tantangan peserta didik kedepannya memang semakin kompleks. Oleh karena itu, guru juga dituntut agar dapat mempersiapkan peserta didik yang dapat berdaya saing. Termasuk dalam bidang karakter, peserta didik seyogyanya dikembangkan dalam kepemimpinan, komunikasi, keaksaraan digital, kecerdasan emosional, global citizenship, problem solving, kerja sama, dan enterprenuership

Memiliki pembukuan nilai yang baik


Kurikulum 2013 yang dijalankan sejumlah sekolah saat ini memang menuntut guru memberikan penilaian yang bisa dibilang tidak sedikit. Untuk setiap peserta didik, guru memberikan 3 jenis penilaian. Penilaian tersebut adalah penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ditambah lagi jika disekolah guru tersebut telah memakai sistem e-rapor, tentu pembukuan nilai yang baik akan sangat dibutuhkan. Tanpa pembukuan nilai yang baik, sang guru akan kerepotan saat menginput nilai peserta didiknya.

Mampu mengelola kelas dengan baik

Perubahan paradigma pendidikan saat ini menuntut pembelajaran yang berpusat pada siswa. Di kelas, siswa didudukkan secara berkelompok-kelompok. Nah, disinilah guru sangat berperan dalam kelas untuk menciptakan suasana yang kondusif. Guru dituntut agar dapat mengelola kelas dengan baik sehingga siswa dapat bekerja sama dengan teman kelompoknya, berani tampil di depan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya, dan tentu saja agar pembelajaran di kelas dapat menceriakan dan ramah terhadap siswa.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Fungsi Ginjal