Menjadi Guru Sasaran dalam Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran

Rendahnya kemampuan guru dalam mengimplementasikan kurikulum 2013 menjadi salah satu alasan dilaksanakannya program PKP (Peningkatan Kompetensi Pembelajaran) oleh Dirjen GTK Kemendikbud . Alhamdulillah saya berkesempatan terlibat dalam program ini. Program yang saya ikuti ini berada pada Zona SMA Negeri 17 Makassar dan bertempat di SMP Ibnu Sina. Sebagai guru IPA, unit pembelajaran yang saya dapatkan ada 2 yaitu (1)Kalor dan Perpindahannya dan (2) Sistem Peredaran Darah.
Tujuan dari program ini ialah untuk meningkatkan kompetensi siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan, melaksanakan, sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Sekadar info, keterampilan berpikir tingkat tinggi adalah keterampilan berpikir yang tidak sekadar mengingat (recall), menyatakan kembali (restate), atau merujuk tanpa melakukan pengolahan (recite). Dalam dimensi proses kognitif, keterampilan berpikir tingkat tinggi berada dalam level penalaran.
Dengan program ini, saya menjadi lebih terbiasa dalam membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Adapun pembelajaran yang saya gunakan menggunakan pendekatan saintifik. Pada proses saintifik, siswa melakukan 5M yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar, dan mengomunikasikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Fungsi Ginjal