Jenis dan Struktur Molekul pada Karbohidrat

Pemenuhan nutrisi melalui makanan dan minuman tentu sudah lazim kita lakukan. Selain untuk memperoleh energi, nutrisi juga penting untuk mengotimalkan pertumbuhan. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut ada 6 yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral dan air.

Namun, pada pembasan kali ini mari kita membahas terkait karbohidrat. Karbohidrat adalah jenis nutrisi yang berfungsi sebagai sumber energi utama, Unsur-unsur yang menyusun karbohidrat yaitu karbon (C), hidrogen (H), dan oksigen (O).

Karbohidrat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu gula, pati, dan serat. Berikut adalah struktur molekul dari ketiga jenis karbohidrat tersebut

1. Karbohidrat jenis gula

karbohidrat jenis ini dapat ditemukan pada banyak jenis buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

2. Karbohidrat jenis pati

Karbohidrat jenis ini dapat ditemukan pada kacang polong, jagung, kacang lima, serta kentang

3. Karbohidrat jenis serat


Karbohidrat jenis serat bersifat nondegistbanle yang artinya tidak dapat dicerna oleh sistem pencernaan manusia dan dikeluarkan dalam bentuk feses. Jenis karbohidrart ini dapat ditemukan roti gandum atau sereal.

Itulah materi terkait karbohidrat dan silahkan pelajari secara mandiri mengenai lemak. Kemudian kerjakan tugas pada buku siswa halaman 168 berikut

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Struktur dan Fungsi Ginjal